Jumat 24 Sep 2010 01:13 WIB

Akhir Pekan Ini, Lebaran Betawi Dipusatkan di Jakbar

Rep: Esthi Maharani / Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Akhir pekan atau 25-26 September nanti, Lebaran Betawi kembali digelar. Kali ini, tuan rumah perhelatan se-DKI Jakarta ini berpusat di Sentra Primer Barat, Kembangan, Jakarta Barat. Wali Kota Jakarta Barat, Burhanuddin mengatakan, Lebaran Betawi ini merupakan kali ketiga.

Sebelumnya, acara serupa pernah digelar di Lapangan Benteng Jakarta Pusat pada 2008. Setahun berikutnya di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan. “Lebaran Betawi ini tak keluar dari konteks agama dan budaya Betawi,” kata Burhanuddin saat ditemui pada Kamis, (23/9).

Burhanuddin mengatakan, kegiatan ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Acara dimulai sejak pukul 09.00-21.00. Dalam perhelatan ini, masyarakat Jakarta dapat menikmati suasana Jakarta tempo uulu atau Kampung Besar Jakarta masa lalu.

Menurut Burhanuddin, Lebaran Betawi merupakan ajang untuk melestaikan nilai-nilai dan kebudayaan betawi. Ia menilai sosialisasi dan pengenalan budaya ini harus lebih diintensifkan. “Ketika hidup di Jakarta, jangan lagi memikirkan nilai, budaya, dan daerah asal tetapi berbaur dan budaya setempat yaitu budaya Betawi,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement