Selasa 22 Mar 2011 15:31 WIB

Kemenhut Targetkan Tanam 1,5 Miliar Pohon pada 2011

REPUBLIKA.CO.ID, SIAK -  Menteri Kehutanan RI, Zulkifli Hasan mengatakan pihaknya pada 2011 menargetkan penanaman sebanyak 1,5 miliar pohon di Indonesia. "Tahun ini, Kementrian Kehutanan menargetkan penanaman sebanyak 1,5 miliar pohon," ujar Zulkifli Hasan di Kabupaten Siak, Riau, Selasa.

Menteri Zulkifli menyebutkan pada tahun lalu, pihaknya menargetkan penanaman sebanyak 1 miliar pohon. Akhir tahun 2010, pihaknya mencatat telah menanam sebanyak 1,3 miliar pohon di seluruh Indonesia. Awalnya, ia merasa kesulitan namun hasilnya malah melampaui target semula.

"Ini yang perlu ditingkatkan karena di beberapa daerah di pulau Jawa seperti Jawa Tengah maupun Jawa Barat sudah surplus akan kayu. Rata-rata setiap tahunnya diatas 15 juta kubik," kata Menteri yang selalu tampil segar ini.

Hal ini dikarenakan suksesnya di pulau Jawa tersebut, pihaknya akan mengembangkannya ke pulau Sumatera, Kalimantan dan Papua.

"Pada era 90-an, tutupan hutan di pulau Sumatera sebesar 70 persen. Kemudian pada 1998-2000 berkurang drastis, dimana tutupan hutan di Sumatera menjadi 30 persen. Tahun ini, berdasarkan data kementrian, berkurang drastis menjadi 10 persen. Subhanallah," katanya.

Menyadari hal itu, lanjutnya, pihaknya berupaya untuk mengembalikannya kembali, dengan melakukan penghijauan terutama di lahan-lahan kritis yang ada di Sumatera. "Kementrian Kehutanan sangat berterimakasih kepada ANTARA yang sudah melakukan kegiatan penanaman sebanyak 10 ribu pohon trembesi ini," tambah Zulkifli.

Trembesi, lanjut Zul, sangat bagus dikarenakan 20 tahun mendatang dapat menghasilkan oksigen hingga 80 juta ton pertahun. "Kedepannya, tak hanya di kabupaten ini saja. Tetapi juga di kabupaten/kota lainnya yang ada di Indonesia," harapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement