Ahad 28 Nov 2010 20:45 WIB

Pejabat Negara dan Pimpinan Parpol Sama-sama Tanam Pohon

Rep: M Ikhsan Shiddieqy/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA--Pejabat tinggi negara dan pimpinan parpol ramai-ramai menanam pohon di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Ahad (28/11), dalam Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) 2010. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Wapres Boediono juga turut serta dalam acara menanam pohon ini.

Pejabat tinggi negara yang hadir nyaris berjumlah 50 orang. Mereka di antaranya terdiri seluruh anggota Kabinet Indonesia Bersatu II, Ketua MPR, Ketua DPR, Ketua DPD, Panglima TNI, dan Kapolri. Sementara, pimpinan parpol yang hadir berasal dari Partai Demokrat, Partai Golkar, PDIP, PKS, PAN, PPP, PKB, Partai Gerindra, dan Partai Hanura. Sebanyak 14 dubes negara sahabat juga hadir.

Setiap pejabat menggunakan mobil dinas atau mobil pribadi masing-masing. Tidak kurang dari ratusan mobil berkumpul di sebuah lahan tanah pinggiran Waduk Jatiluhur. Padahal, tujuan Bulan Menanam Pohon Nasional adalah mengurangi dampak pemanasan global dan mengurangi emisi. Berdasarkan Keppres No 24/2008, 28 November ditetapkan sebagai HMPI dan BMN.

Presiden SBY menanam pohon jenis khaya anthoteca, sedangkan Wapres menanam pohon Jabon Merah. Puluhan pejabat lainnya menanam berbagai jenis pohon, dari Mahoni hingga Sukun. Dalam acara ini, Presiden SBY dijadwalkan melakukan video konferensi dengan Gubernur Jatim, Sumsel, dan Sulsel yang juga melakukan peringatan HMPI di provinsi masing-masing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement