Kamis 15 Jul 2010 18:26 WIB

Bunga Bangkai Bisa Dibudidaya dalam Pot

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Bunga bangkai atau Amorphophallus sp ternyata bisa dibudidayakan dalam pot. Bahkan, bunga yang menjadi salah satu koleksi di pusat konservasi tanaman, Taman Wsata Mekarsari, itu akan mekar pada 15-17 Juli.  Sehingga, pada saat mekar nanti, dapat dipamerkan di lokasi yang mudah dilihat.

Bunga bangkai ini merupakan salah satu bunga tertinggi atau bunga raksasa di dunia. Selain itu, hal unik lainnya, warna mahkota bunga bangkai ini belum dapat diprediksi. Ada kemungkinan berwarna merah, pink, atau merah gelap.

Saat ini, ketinggian bunga ini sudah mencapai 162 cm dengan spadik bunga warna kuning terang. Umumnya, butuh waktu sekitar tiga tahun sebelum munculnya bunga. Sedangkan usia bunga terhitung sejak mulai mekar hingga layu hanya sekitar satu hari.

Mekarnya pun diwaktu tertentu. Biasanya pada malam hari sekitar pukul 17.00 hingga 24.00. Untuk mekar sempurna pun bunga ini membutuhkan waktu sekitar empat jam. Saat itulah, akan tercium aroma busuk yang sangat kuat seperti bau bangkai binatang.

Taman Wisata Mekarsari telah beberapa kali memamerkan koleksi bunga bangkai yang sedang mekar. Beberapa diantaranya memiliki ketinggian mencapai 170-230 cm. Diameter bunga mencapai 100-130 cm. Bunga ini umumnya tumbuh di hutan tropis, termasuk di wilayah Indonesia.

sumber : c22
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement