Ahad 12 Dec 2010 07:00 WIB

Ribuan Jiwa Lansia tak Tertangani

REPUBLIKA.CO.ID,  MALANG--Dirjen Pelayanan Rehabilitasi dan Sosial Kementerian Sosial, Makmur Sanusi, menyatakan, saat ini masih ada 153 ribu orang lanjut usia (lansia) di Tanah Air yang belum tertangani oleh pemerintah.

"Dari total sekitar 163 ribu jiwa lansia yang tinggal di rumah jompo itu, pemerintah baru memberi tunjangan kepada sekitar 10 ribu jiwa saja pada tahun 2010 ini," kata Makmur Sanusi di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Sabtu (11/12).

Menurut dia, terlantarnya para lansia tersebut disebabkan keterbatasan anggaran di Kementerian Sosial (Kemensos). Berbeda dengan anggaran yang dialokasikan untuk pendidikan dan kesehatan yang sudah jelas persentasenya dari APBN maupun APBD.

Pada tahun 2010 ini, katanya, pemerintah melalui Kemensos mengalokasikan anggaran sebesar Rp36 miliar untuk 10 ribu lansia terlantar tersebut. Anggaran sebesar itu dengan asumsi setiap lansia mendapat tunjangan untuk kebutuhan hidup sebesar Rp300 ribu per bulan.

Tunjangan itu, katanya, digunakan bagi para lansia yang terlantar dan tinggal di panti jompo dan "home care". Menyinggung jumlah "home care" secara nasional Makmur menyebutkan, pada tahun ini (20101) baru tujuh "home care". Namun pada tahun 2011 diupayakan ada penambahan tunjangan untuk Manula.

Jika anggarannya tidak bisa ditambah, lanjutnya, Kemensos akan menggandeng Kementerian Kesehatan (Kemenkies) untuk memberikan jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas) kepada para lansia tersebut.

Selama ini kata Makmur, lansia yang terlantar itu tidak tercakup dalam program Jamkesmas, karena tidak memiliki dokumen kependudukan secara resmi. Oleh karena itu, tahun depan diupayakan bisa menggandeng Kemenkes agar mereka bisa mendapat Jamkesmas untuk pelayanan kesehatannya.

sumber : Ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement