Senin 26 Feb 2018 18:56 WIB

Jelang Asian Games, Jokowi Pastikan Kesiapan Wisma Atlet

Presiden berjanji fasilitas yang diperlukan atlet akan disiapkan sesuai kebutuhan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Indira Rezkisari
Suasana Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Ahad (4/2).
Foto: Republika/Prayogi
Suasana Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Ahad (4/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau persiapan wisma atlet di Kemayoran yang akan digunakan untuk tempat tinggal para atlet dan official pendukung selama penyelenggaraan Asian Games XVIII. Jokowi pun mengapresiasi wisma atlet yang telah dibangun tersebut. Kendati demikian, ia juga meminta agar dilakukan pembenahan di beberapa tempat.

"Iya yang di sini untuk Wisma Atletnya saya melihat sudah 99,9 persen sudah, Alhamdulillah selesai. Hanya perlu sedikit-sedikit diperbaiki," ujar dia usai meninjau Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (26/2).

Sejumlah hal yang perlu diperbaiki kembali yakni taman di sekitar Wisma Atlet. Presiden meminta agar disediakan pohon yang lebih besar dan rimbun.

Jokowi pun juga meninjau kamar yang disediakan untuk para atlet. Menurut dia, kamar yang disiapkan juga telah dilengkapi dengan furnitur yang baik.

Begitu pula dengan fasilitas yang dibutuhkan untuk para penyandang disabilitas. Menurut dia, fasilitas yang disiapkan sudah terpenuhi.

"Jadi tadi yang kurang-kurang untuk yang tempat santai tadi kursinya atau kursi outdoor-nya baru disiapkan seperti yang kecil-kecil gitu... Tapi secara umum saya kira baik," tambahnya.

Presiden pun berjanji, fasilitas yang diperlukan oleh para atlet akan disiapkan sesuai dengan kebutuhannya. Lebih lanjut, peningkatan pelayanan bagi para atlet juga akan didukung oleh Pemprov DKI. Ia pun meminta agar persiapan dilakukan secara detail.

"Ya nanti di dalam mengorganisasinya memang orientasinya kepada pelayanan kepada atlet bisa nanti urusan bus misalnya, dimanajemeni oleh Pemprov DKI. Lalu ada yang urusan masalah makanan nanti diurus oleh Pak Erick Tohir," jelas dia.

Usai meninjau wisma atlet, Presiden kemudian meninjau persiapan rute para atlet dari Senayan menuju Bandara Soekarno-Hatta. Ia ingin memastikan lingkungan sekitar yang dilewati oleh para atlet harus dibenahi.

"Melihat dari sini menuju ke Senayan supaya yang dilewati itu betul-betul kondisinya siap betul corak-corak, kehijauan, dan tempat-tempat kumuh harus diapakan nanti mungkin bisa dikerjakan oleh Pak Gubernur, bisa dikerjakan oleh Pak Menteri PU," jelas Presiden.

Saat peninjauan ini, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Ketua Panitia Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement