Saturday, 5 Sya'ban 1439 / 21 April 2018

Saturday, 5 Sya'ban 1439 / 21 April 2018

Final Sepak Bola Asian Games akan Digelar di Bandung

Selasa 20 February 2018 13:39 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Endro Yuwanto

Pekerja membersihkan bangku di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/1).

Pekerja membersihkan bangku di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/1).

Foto: Antara/M Agung Rajasa
Stadion GBK Senayan akan digunakan untuk pembukaan dan penutupan acara Asian Games.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Koordinator Government Relation Pelaksana Asian Games Inasgoc Raja Parlindungan Pane menyatakan, laga final cabang sepak bola Asian Games 2018 akan digelar di Kabupaten Bandung. Final sepak bola tak mungkin digelar di Jakarta karena Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan akan digunakan untuk pembukaan dan penutupan acara Asian Games.

"Final sepak bola pasti di Bandung. Kami nilai sudah layak karena kan Persib sering menggunakan lapangan di Bandung dan Persib sudah main di Champions Asia," ujar Raja Parlindungan kepada wartawaan di sela-sela Rapat Persiapan Asian Games 2018, Selasa (20/2).

Menurut Raja Parlindungan, panitia akan melihat kesiapan stadion di Bandung untuk dijadikan tempat final sepak bola. Kemungkinan stadion yang akan digunakan ada dua. Yakni, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan Stadion Si Jalak Harupat. Namun, dengan berbagai pertimbangan maka panitia memutuskan untuk final sepak bola akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat. "Ya, nggak akan berubah lagi keputusannya final di Stadion Si Jalak Harupat," katanya.

Raja Parlindungan menambahkan, Stadion Si Jalak Harupat digunakan untuk final karena melihat dari sisi keamanan, aksebilitas, dan jadwal latihan Persib di stadion tersebut. "Itu yang sangat penting. Persib jangan sampai kompetisinya terganggu kalau tak diatur," katanya.

Raja Parlindungan melihat, secara umum Provinsi Jawa Barat (Jabar) sudah siap untuk menjadi penyelenggara Asian Games. Karena, Jabar sudah memiliki pengalaman saat menyelenggarakan PON. "Kami menggelar rapat ini, lebih pada pematangan Jabar sebagai tuan rumah untuk pertandingan sepak bola," katanya.

Dikatakan Raja Parlindungan, pematangan persiapan ini harus dilakukan. Karena, dalam pertandingan sepak bola ada 24 tim dari berbagai negara yang akan bertanding. Lokasi pertandingan sepak bola akan digelar di Bandung, Cibinong, dan Bekasi.

Persiapan, kata Raja Parlindungan, harus dilakukan dengan sangat matang. Karena, satu tim dalam cabang olah raga saja ada bisa terdiri dari 40 orang. Selain itu, tingginya animo untuk peserta karena Jepang dan Korea Selatan sudah lolos Piala Dunia 2018. "Lapangan yang digunakan semua harus disiapkan dengan baik. Jadi, Jabar sangat penting dan harus dilakukan koordinasi," katanya.

Selain digunakan untuk sepak bola, lanjut Raja Parlindungan, Jabar pun akan digunakan sebagai tempat cabang olah raga road race. Road race akan digelar di Gunung Mas Bogor, Subang, dan Purwakarta.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA