Senin 19 Feb 2018 21:39 WIB

BMKG Siap Koordinasi Penanganan Karhutla Saat Asian Games

Asian Games tidak boleh terganggu kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan. (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan Asian Games 2018 berjalan lancar. Asian Games tidak boleh terganggu kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Yang harus diwaspadai daerah Sumatra Selatan karena ada potensi karhutla. Untuk itu kami ita coba mendahului supaya bisa berkoordinasi jika ada potensi karhutla segera ditangani," kata Sekretaris Utama BMKG Widada Sulistya di Jakarta, Senin (19/2).

Widada mengatakan jika dilihat dua tahun terakhir cukup positif karena saat terjadi karhutla tidak dibarengi dengan kabut asap. Ia berharap semoga tahun ini juga tidak ada asap karena Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang olahraga Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Sebelumnya BMKG menyatakan sembilan wilayah berpotensi tinggi mengalami karhutla karena curah hujan yang rendah.

"Di Indonesia beberapa wilayah sudah menunjukkan hampir 20 hari tidak ada hujan sehingga berpotensi karhutla," kata Deputi Bidang Klimatologi BMKG Herizal.

Dia menjelaskan, daerah dengan wilayah kategori mudah hingga sangat mudah terbakar yaitu di sebagian wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

BMKG mencatat titik panas yang terpantau sejak 1-18 Februari 2018 tertinggi di Kalimantan Barat sebanyak 52 titik panas disusul Riau sebanyak 35 titik panas.Kedua pemerintah provinsi tersebut sudah mengeluarkan status darurat karhutla.

Selain itu tercatat lima titik panas di Aceh, satu di Babel, lima di Kepulauan Riau, satu di Sumatra Selatan, lima di Sumatra Barat, dua dua titik panas di Bengkulu, tiga di Kalimantan Tengah, enam di Sulawesi Selatan, dan delapan di Sulawesi Tengah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement