Jumat 16 Feb 2018 15:18 WIB

Menpora Apresiasi Hasil Test Event Asian Games 2018

Indonesia menjadi juara umum setelah berhasil meraih 30 emas.

Rep: Fitriyanto/ Red: Ratna Puspita
Pebola Voli Indonesia 2 Kukuh Sansari (kiri) berusaha menahan smash tim Indonesia 1 dalam pertandingan final bola voli putra 18th Asian Games Invitation Tournament di Tenis Indoor,Senayan, Jakarta, Kamis (15/2).
Foto: Republika/Prayogi
Pebola Voli Indonesia 2 Kukuh Sansari (kiri) berusaha menahan smash tim Indonesia 1 dalam pertandingan final bola voli putra 18th Asian Games Invitation Tournament di Tenis Indoor,Senayan, Jakarta, Kamis (15/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengapresiasi pencapaian kontingen Indonesia dalam Test Event Asian Games 2018 yang berlangsung selama sepekan. Indonesia menjadi juara umum setelah berhasil meraih 30 emas, 19 perak, dan 18 perunggu. 

Emas terakhir disumbangkan oleh cabang boli, yang menghadirkan final sesama tim Indonesia pada Kamis (15/2) malam. “Saya ucapkan selamat, kita berhasil menjadi juara dalam Test Event Asian Games 2018 ini,” kata dia melalui siaran pers yang diterima Republika, Jumat (16/2). 

Namun, dia mengingatkan, medan perjuangan sesungguhnya dengan lawan-lawan yang lebih kuat dan lebih banyak jumlahnya menanti pada Asian Games. Pesta olahraga antarnegara Asia itu akan berlangsung di Palembang dan Jakarta pada 18 Agustus sampai 2 September 2018. 

“Saya meminta semua atlet yang turun di sini bisa belajar dan memperbaiki kekurangan yang ada. Test event paling tidak telah memberikan pelajaran penting soal motivasi bertanding dan membangun mental sebagai pemenang,” kata Menpora. 

Emas terbanyak disumbang dari cabang olahraga pencak silat dengan 10 emas. Sepuluh emas itu diraih oleh tim ganda putra dan putri, beregu putra, Abdul Malik, Nirmalasari Octaviani, M Yachser Arafa, Iqbal Candra Pratama, Pipiet Kamelia, Komang Harik Adi Putra, dan Eko Febrianto. Satu-satunya perak untuk Indonesia disumbang oleh Ausri Bayusro dan satu perunggu lewat Selly Ardiani.

Tujuh emas berhasil disumbangkan oleh atlet angkat besi yang bertanding di JIExpo Kemayoran. Para penyumbang emas untuk Indonesia, yakni Surahmat Bin Suwoto, Eko Yuli Irawan, Deni, Sri Wahyuni Agustiani, Dewi Safitri, Melinda Gusti, dan Nurul Akmal. 

Sementara itu, medali perak disumbangkan oleh Muhammad Purkon, Syarah Anggraini, dan Acchedya Jagaddhita. Dua perunggu disumbang oleh I Ketut Ariana dan Yolanda Putri.

Enam emas disumbang oleh atlet taekwondo yang juga bertanding di JIExpo Kemayoran. Atlet-atlet itu adalah Mariska Halinda, Shaleha Fitriana Yusuf, Muhammad Alfi Kusuma, Defia Rosmaniar, Tim Poomsae putra dan juga putri. 

Dua perak di Taekwondo disumbangkan Reinaldy Atmanegara dan Nicholas Armanto. Untuk perunggu, Indonesia mendapat empat medali yang diraih oleh Ibrahim Zarman, Dhean Titania, Permata Cinta, dan Delva Rizki.

Dari Stadion Utama Gelora Bung karno, cabang atletik berhasil menyumbang empat emas untuk Indonesia. Emas disumbang melalui kategori 4 x 100 meter estafet putra dan putri, lompat galah oleh Idan Fauzan Richsan, dan lompat jauh oleh Maria Londa. 

Ada tujuh medali perak yang disumbangkan oleh Muhammad Lalu Zohri, Atjong Tio, Teuku Tegar, Ulfa Silpiana, Emilia Nova, Alvin Tehupeiory, dan Eki Febri. Sementara itu ada lima medali perunggu yang diraih oleh Nadia Anggraini, Yuliana, Dedi irawan, Elizar Gamashi, dan Rizky Ghusyafa.

Cabang olahraga panahan, bola basket, dan bola voli masing-masing menyumbangkan satu emas untuk Indonesia. Dari panahan, disumbang oleh tim compound putri yang terdiri dari Triya Resky Adriyani, Yurike Nina Bonita, dan Rona Siska Sari.

Meski tidak menyumbangkan emas, cabang olahraga tinju menyumbang dua medali perak melalui Mario Blasius Kali dan Greece Savon. Sementara ada empat perunggu yang berhasil diraih petinju tuan rumah, yakni Matius Mandiangan, Libertus Gha, Aldryani Beatrichx, dan Novizar Maulina.

Selama satu minggu sejak 8 Februari lalu, sebanyak 17 negara bertanding dalam test event yang mempertandingkan 8 cabang olahraga mulai dari angkat besi, bola basket, bola voli, taekwondo, tinju, panahan, pencak silat. Penyelenggaraannya berlokasi di tiga tempat, yakni Kompleks Stadion Gelora Bung Karno, JIEXPO Kemayoran dan Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement