Jumat 02 Feb 2018 15:27 WIB

Jabar Usul Final Sepak Bola Asian Games Digelar di Sini

GBLA dan Stadion Si Jalak Harupat diusulkan jadi venue sepak bola Asian Games.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Pekerja merawat rumput di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/1).
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Pekerja merawat rumput di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/1).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengusulkan Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung dan Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Kota Bandung sebagai tempat penyelenggaraan pertandingan semifinal dan final cabang olah raga Sepak Bola pada Asian Games 2018.

Menurut Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, salah satu cabang olah raga yang paling difavoritkan pada Asian Games tersebut rencananya digelar di Jabar. Yakni, mulai dari babak kualifikasi sampai babak semi final.

Pertandingan sepak bola ini rencananya akan diselenggarakan di Stadion Patriot di Kota Bekasi, Stadion Wibawamukti di Kabupaten Bekasi, Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor, GBLA di Kota Bandung, dan Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung.

"Untuk Asian Games, GBLA dan Si Jalak Harupat kami usulkan untuk pertandingan sepak bola babak final dan semifinal," ujar Iwa Karniwa di Gedung Sate, Jumat (2/2).

Sebagai tempat latihan cabang olah raga sepak bola, kata Iwa, akan disediakan tempat latihan dengan lapangan rumput alami dan waktu tempuh 30 menit perjalanan dari hotel. Pemakai GBLA bisa menggelar latihan di Sabuga dan Sport Center Arcamanik.

Pemakai Stadion Pakansari, kata dia, bisa berlatih di Stadion Persikabo dan Stadion Pajajaran, pengguna Stadion Wibawamukti berlatihan di Sutasoma 77 dan Lapangan Muda Jaya, pengguna Stadion Patriot berlatihan di lapangan A dan B GBK, sedangkan pengguna Stadion Si Jalak Harupat berlatihannya di Lapangan Unpad Jatinagor dan Stadion Siliwangi.

Iwa mengatakan, selain cabang olah raga Sepak Bola, empat cabang olah raga lainnya akan dipertandingkan di Jabar. Yakni Kano Slalom, Paragliding, Road Bicycle Racing, dan Mountain Bike Cycling atau Sepeda Gunung.Cabang olah raga Sepeda Gunung akan digelar di Subang, sedangkan Road Bicycle Racing di jalur Subang dan Purwakarta.Balap Sepeda ini termasuk untuk kelas Individual Road Race Pria dengan track sepanjang 175,9 km dan 120,1 km untuk perempuan. Juga kelas Individual Time Trailer untuk pria sepanjang 38,3 km dan 18,7 km untuk perempuan.

Sedangkan cabang olah raga Paragliding, kata dia, akan diselenggarakan di Gunung Mas Puncak di Kabupaten Bogor. Saat ini, sedang dalam tahap penyiapan lokasi serta penambahan area launcher. Sedangkan Kano Slalom diselenggarakan di Bendung Rentang Majalengka. Penginapan atau hotel untuk peserta Kano Slalom ditawarkan di Bandung dengan waktu tempuh 3 jam atau Cirebon dengan waktu tempuh 2 jam dari venue.

"Pemprov Jabar ditugaskan memelihara ruas jalan untuk balap sepeda, melalui Dinas Bina Marga. Untuk sepeda gunung pemeliharaan akses oleh Pemkab Subang," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement