Senin 03 Jan 2022 12:04 WIB

Cara Mematikan Pelacakan Lokasi Google

Beberapa aplikasi Google masih menyimpan data lokasi meski sedang tidak aktif.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Google Maps.
Foto: The Verge
Google Maps.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google masih bisa melacak penggunanya bahkan jika mereka mematikan riwayat lokasi di akun Googlenya. Saat menonaktifkan pengaturan itu terdengar seperti solusi one and done. Namun, beberapa aplikasi Google masih menyimpan data lokasi Anda. 

Namun, setelah penyelidikan tahun 2018 oleh Associated Press, Google telah mempermudah untuk mengontrol lokasi dan data lain yang disimpan dan apa yang dihapus dengan fitur seperti Your Data di Maps dan Search, yang memberi Anda akses cepat ke kontrol lokasi Anda. Anda hanya perlu tahu di mana mencarinya.

Baca Juga

Menonaktifkan riwayat lokasi hanya menghapus tempat yang pernah Anda kunjungi dari fitur Google Maps Timeline, yang mencatat lokasi Anda dengan data tertentu pada waktu tertentu. Halaman dukungan Google tentang masalah ini mengatakan bahwa bahkan ketika, dimatikan beberapa data lokasi dapat terus disimpan di pengaturan lain, seperti aktivitas web dan aplikasi Anda.

Dilansir dari CNET, Senin (3/1), Google menggunakan data ini untuk membuat fitur lebih dipersonalisasi dan bermanfaat. Google mengklaim informasi ini tidak pernah dibagikan dengan pihak ketiga atau pengiklan. Tetapi jika Anda masih tidak nyaman dengan itu, dengan beberapa langkah lagi, Anda biasanya dapat menghentikan Google untuk mengetahui di mana Anda berada 24/7.

Perhatikan bahwa mematikan pengaturan default ini memang memiliki beberapa kelemahan. Meskipun pengaturan Google mungkin tampak mengganggu bagi sebagian orang, pengaturan tersebut juga membantu mengembangkan pengalaman online yang sangat dipersonalisasi, seperti membantu orang menemukan bisnis terdekat daripada bisnis di kota lain, atau melihat iklan yang dipersonalisasi. Mereka membantu memberi pengguna informasi yang lebih relevan daripada informasi acak, menurut Google.

Mematikan Pelacakan Lokasi Google

Untuk sepenuhnya mematikan kemampuan Google untuk mencatat lokasi Anda, inilah yang harus dilakukan:

1.      Buka Google.com di browser desktop atau seluler Anda, dan masuk ke akun Google Anda dengan menggunakan tombol di sudut kanan atas.

2.      Klik ikon pengguna Anda di sudut kanan atas dan pilih Kelola akun Google Anda.

3.      Klik Privasi & personalisasi

4.      Klik hal-hal yang telah Anda lakukan dan tempat-tempat yang pernah Anda kunjungi.

5.      Klik Riwayat lokasi di dalam kotak pengaturan Riwayat. Ini membuka Kontrol Aktivitas.

6.      Di bawah Riwayat Lokasi, klik tombol di sebelah kanan yang bertuliskan Matikan. Ini akan membuka jendela pop-up.

7.      Gulir ke bagian bawah jendela ini dan klik Pause.

Baca juga : Cara Mendapatkan Uang dari YouTube, Berapa Sih Penghasilan Youtuber?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement